Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan Datang

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan Datang

Kotaria.com – Kesehatan merupakan salah satu hal paling penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Terkadang kita merasa kesehatan adalah hal sepele saat kondisi tubuh sedang fit. Namun penyesalan akan datang ketika kita menderita sakit. Apalagi dengan kondisi cuaca yang berubah seperti datangnya musim hujan.

Saat musim hujan datang, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh dengan berbagai cara. Berikut ini berbagai tips sehat untuk menjaga kesehatan saat musim hujan datang :

Jangan malas meski hujan

Saat musim hujan datang dengan cuaca yang dingin adalah saat paling menyenangkan untuk membaringkan diri di dalam kamar dan bermalas-malasan. Namun hal ini justru akan mengganggu kekebalan tubuh anda, justru saat musim hujan datang anda harus lebih rajin untuk berolah raga dan beraktifitas fisik cukup setiap harinya.

Jagalah kebersihan diriĀ 

Kebersihan menjadi kunci dari kesehatan Anda. Pastikan anda selalu rutin mencuci tangan, mandi dan menjaga kebersihan rumah. Hal ini sangat penting agar kekebalan tubuh anda tetap terjaga dan terhindar dari flu dan batuk saat musim hujan datang.

Jaga porsi makan dengan baik

Tahukah anda bahwa pencernaan kita menjadi sangat rentan terkena penyakit saat musim hujan datang. Untuk itu pastikan anda mengkonsumsi makanan sehat dan jangan sampai terlambat makan. Jaga porsi makan anda dengan baik agar terhindar dari segala macam penyakit saat musim hujan datang.

Perbanyak mengkonsumsi air putih

Semua orang percaya bahwa 3/4 dari tubuhnya adalah berupa air. Saat musim hujan datang mungkin rasa haus tidak akan muncul karena cairan yang ada di dalam tubuh tidak banyak dikeluarkan. Namun agar anda terhindar dari berbagai penyakit dan kekebalan tubuh terjaga dengan baik, Anda harus minum air yang cukup.

Demikianlah berbagai tips untuk menjaga kesehatan saat musim hujan datang. Selain tips di atas, anda juga bisa mencoba untuk menghangatkan tubuh saat cuaca benar-benar dingin yakni dengan mengkonsumsi air hangat atau menggunakan pakaian tebal yang tahan terhadap udara dingin. Jangan sesekali anda menyepelekan pertanda tubuh anda kurang sehat, segeralah datang ke dokter agar kondisi tubuh anda dapat tertangani dengan tepat.